TutorialFoto

Cara Membuat Puzzle Feed Instagram dengan Canva

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan cara membuat puzzle feed Instagram yang indah.

Pernahkah Anda melihat profil Instagram seseorang dan bertanya-tanya bagaimana mereka membuat Feed instagram yang begitu rapi dan profesional? Dalam beberapa kesempatan, Anda mungkin telah melihat akun yang dikelola oleh desainer grafis.

Baca juga: Rumus Lightroom Aquamarine |Tutorial Edit Foto Ala Selebgram

Dalam kesempatan lain, Feed yang menarik perhatian ini dirancang oleh orang biasa. Feed di mana gambar seolah tersambung satu sama lain, dan setiap pos berperan dalam satu tema yang kohesif, tidaklah sulit untuk membuat nya.

Ini disebut puzzle feed, dan kami akan menunjukkan cara membuatnya menggunakan Canva dan satu alat gratis lainnya.

Apa Itu Puzzle Feed Instagram?

Biasanya, ketika Anda memposting di Instagram, Anda mengunggah satu gambar, video, atau bahkan beberapa gambar dengan sampul. Seiring waktu, foto-foto ini menumpuk di profil Anda untuk membuat Feed Anda.

Orang yang tidak terlalu memikirkan untuk menghubungkan warna dan tema posting mereka akan mendapatkan Feed yang acak. Alhasil, pengunjung profil tersebut akan melihat sekumpulan gambar, yang akan terasa serupa dengan menggulir galeri ponsel seseorang.

Jika Anda menggunakan Instagram untuk terhubung dengan teman dan keluarga, ini seharusnya tidak menjadi masalah. Namun, jika Anda ingin menggambarkan kepribadian merek atau bisnis Anda, Anda pasti ingin Feed Anda terlihat lebih rapi. Di sinilah fungsi puzzle feed.

Dengan sedikit kreativitas dan pandangan jauh ke depan, Anda dapat membuat satu gambar yang lebih besar, membaginya menjadi gambar yang lebih kecil, dan mengunggahnya dalam urutan yang benar. Dengan cara ini, Feed Anda akan terlihat teratur, enak dipandang, dan menyampaikan identitas merek Anda.

1. Memulai Puzzle Dengan Canva

Ada beberapa alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat gambar besar sebelum membaginya. Namun, kami akan fokus pada Canva , platform ramah pengguna yang berisi template. Jika Anda baru mengenal platform ini, Anda mungkin ingin membaca tentang berbagai cara Canva dapat membantu meningkatkan kiriman Instagram Anda .

Untuk memulai, klik Buat Desain , diikuti dengan Desain Kustom . Pada titik ini, Anda harus memasukkan dimensi sesuai dengan jumlah posting yang Anda inginkan.

Karena ukuran gambar Instagram yang disarankan adalah 1080x1080px, lebar untuk feed puzzle akan selalu tetap 3240px. Ini akan memberikan lebar untuk tiga tumpukan gambar.

cara membuat puzzle feed Instagram

Tingginya akan tergantung pada jumlah baris yang ingin Anda masukkan ke dalam puzzle. 1080px adalah lebar satu baris, 2160px untuk dua baris, 3240px untuk tiga (yang merupakan persegi penuh), dan seterusnya. Pada tangkapan layar di atas, kami memilih untuk membuat persegi, yang berjumlah total sembilan posting.

Selanjutnya, klik pada tab Elemen di sebelah kiri, cari Kisi , dan klik Lihat Semua . Kami ingin mencari kisi yang membagi gambar menjadi kotak yang sama, apakah itu tiga, enam, sembilan, atau 12.

Saat Anda menemukan kisi, klik dua kali. Kami tidak akan menyeret dan melepas gambar ke dalam kisi. Sebagai gantinya, kami akan menggunakannya sebagai panduan.

2. Membuat Template Untuk Puzzle Anda

Karena tujuan dari puzzle feed adalah untuk membuat gambar-gambar saling terhubung satu sama lain dan menciptakan perasaan berkelanjutan, kami hanya membutuhkan kisi untuk memberi tahu kami di mana setiap pos dimulai dan selesai.

Untuk mencegah grid mengganggu gambar kita saat kita memindahkan elemen di layar, kita akan melacak grid dan kemudian menghapusnya.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan memilih elemen Garis dan menggunakannya untuk melacak semua garis di kisi. Setelah melakukan itu, hapus grid, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

canva line grid

Sekarang mulailah bagian kreatif — memutuskan elemen mana yang menuju ke mana dan apa visi Anda. Anda dapat memutuskan untuk menggunakan satu latar belakang halus untuk semua gambar Anda untuk menyatukannya, serta menambahkan gambar, teks, dan elemen grafik di atasnya.

3. Membuat Potongan Untuk Puzzle Anda

Sangat mudah untuk terbawa oleh semua elemen yang ditawarkan Canva. Tip pertama kami adalah menggunakan dua hingga tiga warna dan satu hingga dua font. Jika merek Anda sudah menetapkan warna dan font, Anda mungkin ingin menggunakannya.

create image puzzle canva

Selanjutnya, pastikan setiap kotak memiliki sesuatu yang menarik di dalamnya. Seringkali, orang hanya akan melihat gambar sebagai posting tunggal di feed mereka dan bukan keseluruhan puzzle. Jadi, Anda juga ingin membuatnya terlihat bagus di luar profil Anda.

Jika tidak yakin harus mulai dari mana, Anda dapat melihat template Canva untuk mendapatkan inspirasi. Tambahkan halaman kedua ke desain Anda dan mulailah menerapkan template ke sana.

Ambil kisi yang Anda buat di halaman pertama dan tempelkan di atas template. Dari sana, Anda bisa mulai menyusun teka-teki Anda.

canva template grid

4. Memisahkan Dan Memasang Puzzle

Setelah selesai membuat puzzle Anda, pastikan untuk menghapus garis kisi. Kemudian, unduh gambar ke komputer Anda dan buka Pine tools. Situs web gratis ini memiliki bagian khusus untuk memisahkan gambar Anda.

split image puzzle

Unggah gambar Anda dari komputer, dan di opsi, pilih untuk membagi gambar dengan Both (grid) . Angka vertikal akan selalu tiga (seperti nomor kolom di Instagram).

Sedangkan untuk nomor horizontal, itu akan tergantung pada berapa banyak baris yang Anda pilih. Klik Split Image , lalu lanjutkan untuk mendownloadnya.

Saat memposting gambar ke Instagram, pastikan Anda mulai dari kotak terakhir. Nama file gambar ini harus memiliki angka tertinggi.

Dalam kasus kami, itu adalah row-3-col-3.jpg . Posting Instagram Anda akan didorong kembali saat Anda memposting, jadi jika Anda memulai dengan sudut yang salah, puzzle akan salah disusun.

Semakin Banyak Anda Bereksperimen, Semakin Mudah Mendapatnya

Membuat Puzzle Feed Instagram pertama Anda mungkin terasa seperti pekerjaan besar. Anda mungkin tidak tahu bagaimana memulai dan kurang inspirasi.

Kami menyebutkan bahwa Anda dapat menemukan beberapa ide di pustaka template Canva. Namun, Anda juga dapat menjalankan pencarian Google sederhana dan menemukan templat tambahan yang telah dibuat orang untuk Canva, khususnya untuk puzzle feed.

Setelah mencoba berbagai hal, Anda akan dapat mempelajari apa yang terbaik untuk feed Anda. Pada saat itu, Anda akan dapat menggunakan kembali gambar yang sudah Anda buat, hanya dengan mengganti teks dan foto.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker