Kesehatan

Cara Mengobati Kuku Rusak Karena Jamur Secara Alami

Cara mengobati kuku rusak karena jamur secara alami

Jamur biasanya ada di luar dan di dalam tubuh bersama dengan berbagai bakteri. Tetapi ketika jamur mulai tumbuh berlebihan, Anda bisa terkena infeksi.

Onikomikosis, juga disebut tinea unguium, adalah infeksi jamur yang menyerang kuku jari tangan atau kaki. Infeksi jamur biasanya berkembang dari waktu ke waktu, jadi perbedaan langsung apa pun pada tampilan atau rasa kuku Anda mungkin terlalu cepat untuk disadari pada awalnya.

Penyebab Kuku Rusak Karena Jamur

Infeksi jamur kuku terjadi karena pertumbuhan berlebih jamur di dalam, di bawah, atau di atas kuku. Jamur berkembang biak di lingkungan yang hangat dan lembab, sehingga jenis lingkungan ini dapat menyebabkan mereka berkembang biak secara alami yang bisa menyebabkan kuku rusak. Jamur yang sama yang menyebabkan gatal di selangkangan , kutu air , dan kurap dapat menyebabkan infeksi kuku.

Related Articles

Obat Sakit Gigi Anak Alami Untuk Usia 3-5 Tahun

Jamur yang sudah ada di dalam atau di tubuh Anda dapat menyebabkan infeksi kuku. Jika Anda bersentuhan dengan orang lain yang memiliki infeksi jamur, Anda mungkin juga tertular.

Infeksi jamur lebih sering menyerang kuku kaki daripada kuku tangan, kemungkinan karena jari kaki Anda biasanya sering tertutup sepatu karena berada di lingkungan yang hangat dan lembab.

Jika Anda mendapatkan manikur atau pedikur di salon kuku, pastikan untuk menanyakan bagaimana staf mendesinfeksi alat mereka dan seberapa sering mereka melakukannya. Peralatan, seperti papan amplas dan gunting kuku, dapat menyebarkan infeksi jamur dari orang ke orang jika tidak dibersihkan.

Siapa yang berisiko terkena infeksi jamur kuku?

Ada banyak penyebab infeksi jamur di kuku. Setiap penyebab memiliki pengobatannya sendiri. Meskipun banyak penyebab infeksi jamur kuku dapat dicegah, beberapa faktor risiko meningkatkan kemungkinan mengembangkannya. Anda lebih mungkin mengembangkan infeksi kuku jamur jika Anda:

Cara Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami Dengan Minyak Kelapa

  • menderita diabetes
  • memiliki penyakit yang menyebabkan sirkulasi yang buruk
  • berusia di atas 65 tahun
  • pakai kuku palsu
  • berenang di kolam renang umum
  • mengalami cedera kuku
  • mengalami cedera kulit di sekitar kuku
  • memiliki jari tangan atau kaki yang lembab untuk waktu yang lama
  • memiliki sistem kekebalan yang lemah
  • kenakan sepatu dengan ujung tertutup, seperti sepatu tenis atau sepatu bot

Infeksi kuku terjadi lebih sering dialami oleh Pada pria dibandingkan pada wanita, dan infeksi lebih sering ditemukan pada orang dewasa daripada pada anak-anak. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang sering terkena jenis infeksi jamur ini, kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya.

Orang dewasa yang lebih tua berisiko tinggi terkena infeksi jamur kuku karena sirkulasi yang buruk. Kuku juga tumbuh lebih lambat dan menebal seiring bertambahnya usia.

Cara Cepat Menghilangkan Stres Dengan Mudah

Seperti Apa Bentuk Kuku Rusak Karena Jamur?

Infeksi jamur pada kuku dapat menyerang sebagian kuku, seluruh kuku, atau beberapa kuku.

Tanda-tanda umum kuku rusak karena infeksi jamur meliputi:

  • kuku yang terdistorsi yang mungkin lepas dari bantalan kuku
  • bau yang berasal dari kuku yang terinfeksi
  • kuku yang rapuh atau menebal

Apa jenis jamur kuku yang umum?

Infeksi subungual distal

Infeksi subungual distal adalah jenis infeksi jamur kuku yang paling umum dan dapat berkembang di kedua kuku jari tangan dan kaki. Saat terinfeksi, tepi luar kuku tampak bergerigi dengan garis-garis putih atau kuning di seluruh kuku.

Infeksi menyerang dasar kuku dan bagian bawah kuku.

Infeksi superfisial berwarna putih

Infeksi superfisial putih biasanya menyerang kuku kaki. Jenis jamur tertentu menyerang lapisan atas kuku dan menciptakan bintik-bintik putih yang jelas pada kuku.

Akhirnya bercak putih ini menutupi seluruh kuku, yang menjadi kasar, lunak, dan mudah patah. Bintik-bintik di kuku bisa menjadi berbintik-bintik dan bersisik.

Infeksi subungual proksimal

Infeksi subungual proksimal jarang terjadi tetapi dapat mempengaruhi kuku jari tangan dan kaki. Bintik kuning muncul di pangkal kuku saat infeksi menyebar ke atas.

Infeksi ini biasanya dapat terjadi pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Ini juga bisa terjadi akibat cedera ringan pada kuku.

Infeksi Candida

Jamur candida menyebabkan jenis infeksi ini. Ini dapat menyerang kuku yang sebelumnya rusak karena infeksi atau cedera sebelumnya. Lebih umum, Candida mempengaruhi kuku. Ini sering terjadi pada orang yang sering merendam tangan dalam air.

Infeksi ini biasanya dimulai dari kutikula di sekitar kuku, yang menjadi bengkak, merah, dan lembut saat disentuh. Kuku itu sendiri mungkin terangkat sebagian dari dasar kuku, atau lepas sepenuhnya.

Bagaimana saya tahu jika saya mengalami infeksi jamur kuku?

Karena infeksi lain dapat memengaruhi kuku dan meniru gejala infeksi jamur kuku, satu-satunya cara untuk memastikan diagnosis adalah dengan menemui dokter. Mereka akan mengambil goresan kuku dan memeriksa tanda-tanda jamur di bawah mikroskop.

Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin mengirim sampel ke laboratorium untuk dianalisis dan diidentifikasi.

cara mengobati kuku rusak karena jamur

Bagaimana cara mengobati kuku rusak karena jamur?

Produk yang dijual bebas biasanya tidak disarankan untuk mengobati infeksi kuku karena tidak memberikan hasil yang dapat diandalkan. Sebagai gantinya, dokter Anda mungkin meresepkan obat antijamur oral, seperti:

  • terbinafine (Lamisil)
  • itraconazole (Sporanox)
  • flukonazol (Diflucan)
  • griseofulvin (Gris-PEG)

Dokter Anda mungkin meresepkan perawatan antijamur lain, seperti pernis kuku antijamur atau larutan topikal. Perawatan ini diterapkan pada kuku dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan cat kuku.

Bergantung pada jenis jamur yang menyebabkan infeksi, serta tingkat infeksinya, Anda mungkin harus menggunakan obat ini selama beberapa bulan. Larutan topikal umumnya tidak efektif dalam menyembuhkan infeksi jamur kuku kaki.

Tips mencegah kuku rusak karena jamur

Membuat beberapa perubahan gaya hidup sederhana dapat membantu mencegah infeksi jamur pada kuku. Merawat kuku dengan baik dengan menjaganya tetap rapi dan bersih adalah cara yang baik untuk mencegah kuku rusak karena infeksi jamur.

Hindari juga melukai kulit di sekitar kuku Anda. Jika Anda akan memiliki tangan yang lembab atau basah untuk waktu yang lama, Anda mungkin ingin memakai sarung tangan karet.

Cara lain untuk mencegah infeksi jamur pada kuku meliputi:

  • mencuci tangan Anda setelah menyentuh kuku yang terinfeksi
  • mengeringkan kaki Anda dengan baik setelah mandi, terutama di sela-sela jari kaki
  • mendapatkan manikur atau pedikur dari salon terpercaya
  • menghindari bertelanjang kaki di tempat umum
  • mengurangi penggunaan kuku palsu dan cat kuku

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker